Banjarnegara, Konibara.com-Sarana dan prasarana merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembinaan olahraga, Gelanggang Olahraga (GOR) merupakan satu kebutuhan yang mutlak harus dimiliki demi kemajuan olahraga di suatu wilayah.
Ketua KONI Banjarnegara Nurohman Ahong mengatakan, maslaah pembangunan GOR terpadu yang ada di kompleks Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara sudah diusulkan pada pemerintah, bahkan saat melakukan audiensi bersama dengan Pj bupati.
“Beliau sangat mendukung sekali agar Banjarnegara segera memiliki GOR yang representatif, sebab hingga saat ini Banjarnegara belum memiliki GOR yang representatif, sementara geliat dan prestasi olahraga terus berkembang,” katanya.
Meski begitu, insan olahraga Banjarnegara harus lebih bersabar untuk segera memiliki GOR terpadu, pasalnya GOR tersebut akan dibangun setelah pembangunan pasar sayur selesai dilakukan, sebab lokasi yang ada dibangun GOR saat ini masih menjadi pasar darurat bagi pedagang pasar sayur yang mengalami musibah kebakaran beberapa waktu lalu.
“Pj Bupati ini menargetkan pembangunan pasar selsai akhir tahun ini, sehingga tahun 2023 mulai pembanguan GOR secara bertahap. GOR terpadu ini nanti bisa dimanfaatkan lebih dari 8 cabang olahraga, mulai dari beladiri, bola voli, bulutangkis, futsal, sepak takraw, maupun cabang lainnya,” katanya.
Dikatakannya, pembangunan GOR terpadu di Banjarnegara ini akan menjadi sangat fenomenal, sebab GOR terpadu ini nantinya bisa untuk menggelar kejuaraan bertaraf nasional, apalagi pada tahun 2024, Banjarnegara ditunjuk sebagai tuan rumah Porwil Dulongmas.
Nurohman menambahkan, selama ini Banjarnegara memang jauh tertinggal dengan kabupaten lain, seperti Cilacap dengan GOR Wijayakusuma, Purbalingga dengan GOR Guntur Darjono, Banyumas dengan GOR Satria, sementara Banjarnegara hanya ada GOR Pemuda yang itupun sangat jauh dari layak dan tidak bisa untuk menggelar event resmi yang bersekala regional apalagi nasional.
Sementara itu, Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengatakan, keberadaan GOR ini memang sudah sangat dibutuhkan, apalagi jika melihat sejumlah prestasi yang sudah ditorehkan oleh atlet Banjarnegara, tidak hanya bersekala nasional, tetapi juga atlet internasional yang berasal dari Banjarnegara.
“Ini harus kita pikirkan juga, sebab dengan adanya GOR terpadu akan memberikan multi efek yang luar biasa, seperti tumbuhnya UMKM, serta ikut mendongkrak sektor pariwisata di Banjarnegara melalui sebuah event atau kejuaraan olahraga,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *