Banjarnegara, Konibara.com-Agenda babak kualifikasi Porprov sudah dimulai tahun ini, beberapa cabang olahraga sudah mulai melakukan seleksi tersebut demi merebut tiket Porprov 2023 yang akan dilaksanakan di Pati Raya.
Audiensi dan pemaparan program pada Pj bupati ini dilakukan demi mendukung suksesai pembinaan dan prestasi olahraga Kabupaten Banjarnegara. Dalam audiensi tersebut, KONI Banjarnegara memaparkan program kerja selama tahun 2022 dan rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2023 mendatang, satu agenda yang dibahas dalam audiensi tersebut adalah pelaksanaan Pekan Olahraga Kecamatan (Porcam) yang akan dilaksanakan pada Agustus 2022 hingga pelaksanaan babak kualifikasi dan Porprov 2023 di Pati Raya.
Ketua KONI Banjarnegara Nurohman Ahong mengatakan, sesuai dengan renstra KONI Banjarnegara, tahun 2023 merupakan tahun prestasi, dimana sebelumnya, KONI Banjarnegara sudah melakukan pemasalan, pembibitan, pembinaan, dan saat ini masuk pada tahapan prestasi.


“Kita sudah bergerak untuk melakukan pemasalan olahraga hingga ke desa-desa, kemudian kita sudah menggelar Banjarnegara Championship hingga terdata 269 atlet potensial dari 39 cabang olahraga, saat ini jumlah sudah mulai mengerucut dan siap untuk turun di babak kualifikasi Porprov,” katanya.
Demi pencapaian target 10 besar di ajang Porprov 2023, KONI Banjarnegara sudah memetakan atlet, mulai dari atlet lini 1, lini 2, dan lini 3. Mereka yang masuk lini 1 merupakan atlet yang diproyeksikan meraih medali emas, sedangkan lini dua merupakan atlet yang ditarget meraih medali, sedangkan atlet lini 3 adalah atlet muda yang dipersiapkan untuk porprov berikutnya.
Tak hanya itu, pada ajang Porprov 2023 mendatang, Federasi Arung Jeram Indonesia (Faji) Banjarnegara juga mengajukan sungai serayu sebagai venue untuk cabang arung jeram. “Jika bisa menjadi tuan rumah untuk arung jeram, tentu akan banyak keuntungan, termasuk membantu promosi potensi wisata yang ada di Banjarnegara,” ujarnya.
Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto sangat mendukung langkah dan program yang sudah dipersiapkan KONI Banjarnegara, bahkan dirinya menargetkan KONI Banjarnegara harus mampu menembus target 10 besar di Porprov 2023.
“Saya tentu akan mendorong agar olahraga Banjarnegara bisa meraih yang terbaik, termasuk dukungan sungai serayu sebagai venue cabang arung jeram. Target masuk 10 besar harus terealisasi, karena Porprov adalah ajang pembuktian prestasi dari setiap daerah di jawa tengah,” ujarnya.
Tak hanya itu, gelaran Porcam yang akan dilaksanakan serentak di 20 kecamatan di Banjarnegara ini juga harus terpantau dengan baik, sehingga bakat alam dari selurh penjuru Banjarnegara bisa terpantau, mereka akhirnya bisa berkembang dan meraih prestasi yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *